Aplikasi PeduliLindungi – Di Sini Link Download Dan Cara Menggunakannya

PeduliLindungi

Salah satu cara memutus mata rantai penyebaran Virus Corona, pemerintah menerapkan physical distancing atau menjaga jarak fisik. Namun hal ini tidak bisa dihindari oleh masyarakat yang harus menggunakan transportasi umum. Tetapi kini dengan kerjasama antara Kemenkominfo, Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) dan Operator Telekomunikasi, meluncurkan aplikasi. Yang dapat digunakan sebagai slah satu cara untuk menanggulangi dan mencegah pandemic Covid-19, yaitu Aplikasi PeduliLindungi.

Tentang Aplikasi PeduliLindungi

Partisipasi

PeduliLidungi adalah sebuah aplikasi karya anak Bangsa Indonesia. Yang dikembangkan untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Manfaat aplikasi ini yaitu melindungi diri anda, keluarga dan orang terdekat lainnya. Serta ini adalah salah satu cara untuk menghentikan penyebaran Covid-19 dengan mengandalkan partisipasi masyarakat.

Aplikasi tersebut juga bertujuan mendorong pengguna untuk mengumpulkan dan melaporkan informasi mengenai penyebaran Covid-19. Dalam komunitas local mereka sendiri sebagai cara untuk membantu pemerintah Indonesia dalam melacak riwayat perjalanan seseorang guna mencegah penyebaran Covid-19.

Aplikasi PeduliLindungi dapat membantu untuk melakukan surveilans berupa Tracing (Penelusuran), Tracking (Pelacakan) dan Fencing (Pengurungan) Covid-19. Yang sesuai dengan keputusan khusus Kementerian Kominfo agar penyelenggaraan tracing, tracking dan fencing melalui infrastruktur, sistem dan aplikasi telekomunikasi. Keputusan Menkominfo yang bersifat khusus ini, hanya berlaku dalam keadaan darurat wabah. Sampai dengan pemerintah menyatakan keadaan kondusif dan berakhirnya keadaan darurat.

Menteri Komunikasi Johnny G. Plate mnyatakan bahwa PeduliLindungi adalah sebagai bagian dukungan surveilans kesehatan. PeduliLindungi sendiri dibuat untuk melacak riwayat pasien positif Covid-19 dan interaksinya dengan sekitar menggunakan teknologi Bluetooth. Dan kini aplikasi tersebut sudah bisa diunduh oleh pengguna ponsel android. Yang sebelumnya hanya bisa diakses via website dalam wujud file APK. Menkominfo juga memberikan jaminan perlindungan data pribadi sesuai perundang-undangan bagi yang menggunakan PeduliLindungi.

Bagaimana PeduliLindungi Bekerja?

Seperti yang tertulis di laman resminya, PeduliLindungi menggunakan data yang diproduksi oleh gadget anda dengan Bluetooth aktif. Untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Ketika ada gadget lain dalam radius Bluetooth yang terdaftar diPeduliLindungi, akan terjadi pertukaran id anonim yang direkam oleh gadget masing-masing.

Pelacakan

Selanjutnya PeduliLindungi akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19. Atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pemantauan). Hal ini akan sangat membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak.

PeduliLindungi juga sangat memperhatikan kerahasiaan data pribadi anda. Data anda disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain. Data anda hanya akan diakses bila anda dalam resiko tertular Covid-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

Menteri Johnny berharap, dengan partisipasi masyarakat mengunduh aplikasi tersebut. Maka monitoring dan pergerkan baik pasien atau yang sudah tertular, dan yang masih ODP, pergerakannya dapat dimonitoring secara online. Serta dapat melakukan isolasi-isolasi wilayah. Oleh karena itu Menteri Johnny meminta kepada masyarakat untuk mnggunakan kesempatan segara melakukan dan download aplikasi PeduliLindungi.

Dengan demikian masyarakat akan diberikan informasi realtime secara langsung. Bahwa disekitar mereka dalam jarak 2 sampai 5 meter, berpotensi adanya virus. Karena ada carrier virus yang berada di sekitar mereka untuk segera menghindar dan menjauhkan diri dari tempat tersebut. Perlu diketahui selain di Indonesia, di Singapura juga memiliki aplikasi serupa yaitu Trace Together.

Download Dan Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi PeduliLindungi dapat di download melalui laman www.pedulilindungi.id. Bisa juga di unduh di Play Store atau via https://play.google.com/apps/details?id=com.telkom.tracencare bagi pengguna android. Sedangkan untuk pengguna iOS bisa mengunduhnya via https://apps.apple.com/id/app/id1504600374.

Berikut cara menggunakan aplikasi PeduliLindungi :

  • Download aplikasi di pedulilindungi.id atau melalui link diatas.
  • Kemudian buka aplikasi yang sudah di install.
  • Lalu pilih “Lanjut”.
  • Pilih “Jadi Partisipan”.

Akun PeduliLindungi

  • Selanjutnya isikan Nama Lengkap dan Nomor Telepon.
  • Pilih “Next”.
  • Terlebih dahulu baca persetujuan, lalu pilih “Next” lagi.
  • Dan Pendaftaran akun selesai.
  • Pastikan Bluetooth ponsel anda selalu dalam keadaan aktif.

PeduliLindungi akan memberikan notifikasi saat pengguna berada di tempat keramaian. Ketika pengguna berada disekitar wilayah atau orang yang terindikasi positif Covid-19, aplikasi akan memberikan peringatan berupa notifikasi zona merah. Area zona merah merupakan area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang terinfeksi atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Demikian kiranya penjelasan mengenai Aplikasi PeduliLindungi yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan kunjungi terus sadapwa.com agar tidak ketinggalan info-info menarik selanjutnya, terimakasih.

You May Also Like

About the Author: Chrisdiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *