Body Temperature Diary – Yakin Bisa Mengukur Suhu Tubuh?

Body Temperature Diary

Saat ini Aplikasi Body Temperature Diary sedang ramai diperbincangkan. Dimana ada sebuah pesan broadcast berisi informasi tentang aplikasi bernama Body Temperature Diary. Yang dikatakan bahwa aplikasi tersebut dapat mengukur suhu tubuh melalui smartphone.

Seperti yang dilansir dari liputan6.com, berikut isi pesan broadcast yang sudah tersebar. “Bagi rekan, keluarga alat infrared thermometer untuk mengukur suhu badan kita sekarang harganya melonjak tinggi selama ada wabah Corona untuk itu saya beri solusinya kita pakai saja alat yang kita punya yaitu hp android anda, anda tinggal buka play store dan ketik ‘’’’ Body temperature diary ‘’’’ dan install aplikasi tersebut di hp anda, setelah terinstall di hp anda tinggal buka aplikasi tersebut, setelah terbuka klik tulisan start lalu nanti ada tulisan , ( Diary, Diagram, Analize, SIM ) disini anda tinggal pilih SIM lalu ada gambar sidik jari tinggal jari jempol anda tempelkan digambar itu nanti langsung ada hasilnya suhu badan kita di ‘’’’’’CEL,’’’’’’ itulah hasil suhu badan kita….sekian dan terima kasih , kiranya posting saya ini bisa membantu anda untuk mendeteksi suhu badan kita yang berhubungan dengan wabah corona ini.”

Tentunya pesan broadcast ini langsung beredar dengan cepat, walaupun belum diketahui kebenaran dari isi pesan tersebut. Apalagi di tengah pandemic Covid-19 yang sedang terjadi di Indonesia sekarang ini. Sehingga tidak sedikit masyarakat yang langsung mempercayai hal tersebut. Namun apakah yakin kalau aplikasi tersebut bisa mengukur suhu tubuh? Berikut penjelasannya dibawah ini.

Hoax

Fakta Aplikasi Body Temperature Diary

Aplikasi Body Temperature Diary dikembangkan oleh Interactive Specialized Sofware. Dan dikembangkan dengan kategori kesehatan, yang memiliki beragam fitur diantaranya adalah :

  • Tampilan antarmuka yang jernih dan nyaman.
  • Perlindungan data pribadi berupa catatan yang bisa digunakan untuk mencatat kondisi dan suhu tubuh.
  • Dalam penggunaan aplikasi tidak diperlukan registrasi.
  • Memiliki diagram dan statistik yang bisa digunakan untuk mengontrol kesehatan.

CSV

  • Selanjutnya memiliki fitur data yang bisa diexport dengan format CSV.

Itulah fitur-fitur yang ada pada aplikasi Body Temperature Diary. Jika dilihat dari fitur yang ada, aplikasi ini tidak memiliki kemampuan untuk mengukur suhu tubuh. Sehingga bisa disimpulkan bahwa pesan broadcast yang beredar itu memang tidak bisa dibuktikan kebenarannya dan bisa dikatakann Hoax.

Lalu apa sebenarnya fungsi dari Aplikasi Body Temerature Diary ini? Mau tahu jawabannya? Simak terus ya penjelasannya sebagai berikut.

Lalu Fungsinya Apa?

Untuk para pengguna smartphone, sebelum mengunduh aplikasi sebaiknya terlebih dahulu untuk membaca deskripsi dari aplikasi tersebut. Dan biasanya pengembang sudah menyertakan deskripsinya. Dari deskripsi tersebut, anda bisa mengetahui fungsi dari aplikasi yang akan anda unduh.

Aplikasi Body Temperature Diary ini, memang memiliki fungsi yang berkaitan dengan suhu tubuh. Akan tetapi aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk mengukur suhu tubuh. Melainkan hanya sekedar mencatat suhu tubuh yang sebelumnya sudah di ukur dengan termometer pengukur suhu tubuh.

Perlu diketahui bahwa smartphone tidak akan bisa digunakan untuk mengukur suhu tubuh. Karena smartphone tidak memiliki sensor infrared untuk mengukur suhu tubuh.

Cara Menggunakan Body Temperatue Diary

Berikut adalah bagaimana cara menggunakan Body Temperature Diary yang sebenarnya :

  • Download terlebih dahulu aplikasi Bod Temperatur Diary, untuk android bisa anda dapatkan pada tautan di bawah ini.

Download Body Temperatur Diary

  • Lakukan pengukuran suhu tubuh menggunakan thermometer yang anda punya, dan ingat berapa suhu tubuh anda.

Termometer

  • Lalu buka aplikasi Body temperature Diary yang sudah terinstall.
  • Pilih menu Diary, untuk menambah catatan anda pilih ikon Plus. Kemudian pilih opsi Body Temperatur Entry.
  • Selanjutnya masukan hasil pengukuran suhu tubuh anda, dengan menggeser slide pada bagian Celcius. Dan ada juga catatan mengenai detak nadi pada bagian Pulse.

Ukur Suhu Tubuh

  • Anda juga bisa menambahkan tag, missal waktu pengukuran, kondisi tubuh saat itu, dan lainnya pada kolom yang tersedia. Lalu tinggal klik Insert.
  • Anda dapat melihat tab Diagram untuk mengetahui perkembangan suhu harian, bulanan hingga tahunan.
  • Pilih tab Analyze yang bisa menganalisa suhu tubuh, apakah dalam keadaan sehat atau kurang sehat.
  • Selanjutnya apabila anda ingin menggunakan aplikasi Body Temperature Diary secara rutin. Anda bisa melakukan penjadwalan harian dengan memanfaatkan aplikasi kalender yang ada di smartphone anda.
  • Caranya dengan ketuk ikon “+” > Calendar Entry, kemudian masukkan tanggal dan waktu pengukuran yang anda inginkan.
  • Anda juga bisa mengatur penjadwalan harian dengan aktifkan opsi schedule Event Every day. Kemudian klik Insert untuk memasang pengingat di aplikasi kalender anda.

 

Begitulah kiranya penjelasan mengenai Aplikasi Body Temperatur Diary, agar anda tidak termakan Hoax. Terimakasih dan sampai jumpa di artikel sadapwa.com selanjunya.

You May Also Like

About the Author: Chrisdiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *