Cek IMEI Ponsel Anda – Jangan Sampai Di Blokir

Cek Imei

Cek IMEI Ponsel Anda – Mulai hari Sabtu, 18 April 2020, aturan validasi International Mobile Equipment Identity (IMEI) mulai di berlakukan oleh pemerintah Indonesia. Pemerintah akan melakukan pemblokiran terhadap ponsel Black market (BM), melalui identifikasi nomor IMEI. Ponsel yang nomor IMEI nya tidak terdaftar di basis data kementerian Perindustrian, akan diblokir dan tidak bisa tersambung dengan jaringan seluler. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No 11 Tahun 2019 yang telah disahkan.

Skema yang digunakan untuk penerapan pemblokiran IMEI, menggunakan skema whitelist. Yaitu metode preventif untuk melindungi konsumen dengan cara memberi kepastian hukum perangkat sebelum dibeli oleh konsumen. Dengan metode ini, konsumen yang membeli perangkat harus tahu terlebih dahulu nomor IMEI nya terdaftar atau tidak. Jika tidak terdaftar, maka tidak akan mendapat jaringan dari operator.

 

no imei

Namun aturan Blokir IMEI ini hanya berlaku untuk perangkat handphone, computer genggam, dan tablet (HKT). Dan tidak berpengaruh bagi turis yang menggunakan layanan roaming. Perlu diketahui juga bahwa pemblokiran ini hanya berlaku untuk ponsel baru yang dibeli dan diaktifkan per 18 April 2020. Sedangkan ponsel black market yang telah digunakan sekarang atau sudah aktif sebelum 18 April 2020 tidak akan berpengaruh. Artinya ponsel masih tetap bisa diguakan seperti biasa.

Mengenal Tentang IMEI

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Yang merupakan identitas internasional yang dikeluarkan oleh Global System for Mobile Association (GSMA). Setiap ponsel yang beredar dipasaran pasti memiliki IMEI, nomor IMEI setiap ponsel berbeda-beda biasanya terdiri dari 15-16 digit. IMEI yang tercatat di kementerian akan dianggap ponsel legal, namun jika tidak tercatat akan dianggap ponsel ilegal.

Ketika sebuah ponsel akan di jual di Indonesia, IMEI akan didaftarkan ke Kemenperin. Yang kemudian Kemenperin menyimpan IMEI ini dalam database, yang akan dicocokan dengan MSISDN atau nomor SIM Card. MSISDN di dapat dari operator seluler. Jadi ketika ponsel terhubung ke jaringan, sebuah aplikasi khusus akan memindai nomor IMEI dan mengecek keasliannya ke system DIRBS Kemenperin. Jika tidak terdaftar, koneksi jaringan akan terputus.

Fungsi Cek IMEI Pada Ponsel

legal-ilegal

Sebagian banyak orang tidak menyadari pentingnya nomor IMEI. Oleh karena itu, ketika ingin membeli smartphone sebaiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu. Hal ini untuk memastika produk yang anda beli resmi atau tidak. Toko penjual smartphone Appple maupun Android resmi pun tidak dapat menjamin bahwa iPhone atau Android anda 100% asli. Nomor IMEI juga berfungsi untuk melacak ponsel yang hilang. Dengan kode unik IMEI, anda dapat melacak di mana keberadaan ponsel anda.

Cara Cek IMEI Pada Ponsel

Sebagai antisipasi, sebelum anda membeli ponsel sebaiknya anda harus tahu dulu nomor IMEI dari perangkat atau ponsel yang anda beli. Kemudian untuk mngetahui apakah ponsel tersebut legal atau tidak, bisa di cek melalui situs Kemenperin. Berikut cara cek IMEI :

  1. Cek IMEI Di Body Belakang Ponsel

Nomor IMEI dapat dilihat pada body bagian belakang ponsel, biasanya ada cetakan stiker nomor IMEI. Namun tidak semua vendor menyertakan nomor IMEI pada bagian belakang ponsel.

  1. Kotak/Dus Ponsel

Anda juga bisa mengetahui nomor IMEI pada kotak/dus ponsel, biasanya nomor IMEI ditempatkan bersama serial number ponsel tersebut.

  1. Menu Pengaturan

Android

 

Nomor IMEI bisa dilihat melalui menu pengaturan. Untuk android terdapat di Menu Setting > About Phone > Status. Sedangkan untuk iPhone buka Menu Setting > General > About.

 

  1. Tekan *#06#

Apabila pada bagian belakang ponsel tidak ada nomor IMEI. Dan pada kotak/dus juga tidak ada, anda bisa mengetahui IMEI dengan menekan tombol *#06# di menu panggilan telepon. Dan nomor IMEI akan otomatis muncul pada layar.

imei

Selanjutnya setelah anda mengetahui nomor IMEI ponsel yang akan anda beli, berikutnya anda cek nomor IMEI tersebut dengan mengunjungi situs https://imei.kemenperin.go.id/. Dengan memasukan nomor IMEI lalu akan muncul dua pilihan. Yaitu IMEI sudah terdaftar di database kemenperin atau IMEI tidak terdaftar di database kemenperin. Dengan begitu, artinya anda sudah tahu bukan apa yang harus anda lakukan.

Itulah lagkah-langkah yang harus anda lakukan pada saat membeli ponsel/perangkat baru, setelah diberlakukannya regulasi pemblokiran IMEI. Sekian penjelasan dari kami, terimakasih dan semoga bermanfaat. Salam sadapwa.com.

You May Also Like

About the Author: Chrisdiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *