Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan, Begini Cara Mudah Dan Simplenya

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan – BPJS Ketenagakerjaan merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada para tenaga kerja. Program ini memberikan perlindungan dari resiko kecelakaan yang terjadi pada setiap karyawan. BPJS Ketenagakerjaan ini wajib diberikan oleh pemberi kerja kepada penerima kerja. Dan manfaat yang bisa diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan/BPJSTK ini meliputi jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua (JHT) dan pensiun.

Ketika menjadi peserta BPJSTK, maka akan ada iuran yang harus dibayarkan setiap bulannya. Iuran tersebut sebagian dibayarkan oleh Perusahaan sebagai pemberi kerja dan sebagian lagi dibayar oleh peserta sebagai penerima kerja. Yang biasanya akan langsung dipotong dari penghasilan setiap bulannya. Dan iuran tersebut akan menjadi saldo yang dikelola untuk berbagai invertasi oleh pihak BPJS. Dan hasil dari investasi tersebut akan dikembalikan ke peserta BPJS seperti halnya sebuah tabungan atau investasi.

Dalam hal ini saldo yang dapat dilihat oleh peserta adalah saldo BPJSTK Jaminan Hari Tua (JHT). Semakin lama bekerja maka saldo BPJSTK JHT akan semakin besar nilainya. Namun ternyata masih banyak peserta BPJSTK yang belum mengetahui berapa sih saldo yang sudah terkumpul selama bekerja. Lalu bagaimana cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan? Berikut sadapwa.com akan menjelaskan beberapa cara yang dapat anda coba untuk cek saldo BPJSTK anda. Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa, bagi peserta BPJSTK ada iuran wajib yang harus disetorkan setiap bulannya. Nah, iuran tersebut akan terkumpul dan dapat anda cairkan, tentunya sebelum mencairkan anda ingin tahu saldo yang sudah terkumpul bukan?

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via Website

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via Website

Cara cek saldo JHT BPJSTK secara online, bisa dilakukan dengan mengunjungi website resmi BPJS. Apabila anda belum terdaftar, dapat anda ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Mauk ke laman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  • Lalu pilih menu Registrasi.
  • Kemudian isi formulir sesuai dengan data anda.
  • Setelah itu anda akan mendapatkan PIN yang dikirim melalui SMS atau Email.
  • Kemudian anda masuk kembali ke laman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  • Selanjutnya masukan alamat email yang sudah terdaftar di kolom user.
  • Masukkan kata sandi.
  • Setelah masuk, pilih menu layanan.
  • Pilih cek saldo JHT.
  • Masukkan PIN yang telah anda terima tadi, yang dikirim melalui SMS atau email.
  • Kemudian saldo anda akan munncul dilayar.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via SMS

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via SMS

Cara cek saldo BPJSTK via sms dapat anda lakukan dengan mendaftar terlebih dahulu dengan cara ketik Daftar(spasi)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL lalu kirim ke 2757. Kemudian setelah mendaftar, bisa mengirim pesan dengan format SALDO(spasi)NO PESERTA kirim ke 2757.

Cek Saldo BPJSTK Via Aplikasi

Cek Saldo BPJSTK Via Aplikasi

Cara cek saldo berikutnya yaitu dapat anda lakukan melalui aplikasi BPJSTK Mobile. Aplikasi tersebut dapat di unduh secara gratis melalui google play store atau appstore. Setelah aplikasi terinstall anda harus registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan PIN. Setelah terdaftar, baru anda dapat cek saldo BPJS Ketenagakerjaan anda.

Cek Saldo BPJSTK Melalui Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cek Saldo BPJSTK Melalui Kantor BPJS

Selain cara – cara diatas, anda juga dapat cek saldo dengan mendatangi langsung kantor BPJS Ketenagakerjaan. Cara ini memang sudah ketinggalan jaman dibandingkan dengan cara – cara diatas. Namun pada kenyataannya masih banyak peserta yang menggunakan cara ini untuk cek saldo BPJS.

Anda cukup dengan menemui petugas yang sedang bertugas di kanntor BPJS, lalu tunjukan kartu BPJS anda dan mintalah petugas untuk cek saldo anda.

Kapan Saldo BPJS Ketenagakertaan Bisa Di Cairkan?

Setelah bisa cek saldo, selanjutnya kapan peserta dapat menarik saldo tersebut? Perlu diketahui, pada dasarnya saldo JHT dapat dicairkan setelah usia mencapai 56 tahun. Jika menarik saldo sebelum usia 56 tahun, peserta hanya dapat menarik ketika peserta telah terdaftar minimal 10 tahun dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Saldo hanya dapat diambil maksimal sebesar 10% dari total saldo sebagai persiapan usia pensiun.
  • Saldo hanya dapat diambil sebesar 30% dari total saldo untuk uang perumahan.

Kondisi lainnya yaitu ketika peserta berhanti bekerja karena telah mengundurkan diri, atau terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Atau peserta akan pindah ke luar negeri dan menetap disana. Selain itu juga, saldo JHT dapat diambil jika peserta mengalami cacat total tetap atau meninggal dunia. Dan saldo JHT akan diberikan kepada ahli waris yang telah ditunjuk.

Itulah beberapa cara untuk cek saldo JHT BPJSTK yang dapat sadapwa.com sampaikan. Semoga dengan artikel ini, bagi peserta BPJSTK yang masih bingung cara cek saldonya, sekarang sudah tidak bingung lagi ya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: Chrisdiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *