Daftar Kartu Prakerja – Simak Cara Lengkapnya

Kartu Prakerja

Daftar Kartu Prakerja – Pandemik virus corona (Covid-19) telah berdampak terhadap perekonomian di Indonesia. Hal tersebut juga turut berdampak pada para pekerja. Berdasarkan data terkini ada skitar 2,8 juta pekerja terkena dampak pandemik virus corona. Ada sebagian yang dirumahkan dengan pemangkasan upah atau tidak diberi upah sama sekali. Bahkan ada yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Oleh karena itu untuk menanggulangi dari dampak tersebut, pemerintah meluncurkan Program Kartu Prakerja. Yang diperuntukan khusus bagi para pengangguran yang terkena dampak pandemic Covid-19, berupa bantuan senilai Rp. 3,55 juta.

Apa Itu Kartu Prakerja

Prakerja

Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan yang diberikan oleh pemerintah untuk masyarakat Indonesia yang ingin meningkatkan keterampilannya. Dan Kartu Prakerja ini ditujukan bagi para pencari kerja, buruh atau karyawan yang sudah bekerja, maupun wirausaha.

Akan tetapi, Kartu Prakerja ini diprioritaskan bagi mereka yang belum memiliki pekerjaan. Dan juga untuk pengusaha mikro dan usaha kecil yang turut merasakan dampak dari pandemic Covid-19.

Apa Saja Syarat Penerima Kartu Prakerja?

Adapun syarat daftar Kartu Prakerja adalah sebagai berikut :

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia di atas 18 tahun.
  • Tidak sedang sekolah atau kuliah.:

Cara Mendapatkan Kartu Prakerja

Untuk mendapatkan Kartu Prakerja, ada beberapa tahapan yang harus diikuti antara lain :

Cara Dapat Kartu

  • Masuk ke website prakerja.go.id lalu klik “Daftar Sekarang”.
  • Masukkan alamat email, password dan konfirmasi password.
  • Ceklis pada kolom persetujuan syarat dan ketentuan.
  • Lalu Klik “Daftar”.
  • Kemudian cek email dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi email.
  • Setelah konfirmasi berhasil, Berarti pendaftaran telah berhasil.

Setelah berhasil mendaftar, silahkan anda login kembali ke akun Kartu Prakerja dengan membuka laman www.prakerja.go.id. Kemudian ikuti langkah selanjutnya seperti dibawah ini :

  • Klik Login atau Masuk pada laman depan.
  • Masukan email dan password akun kamu, lalu klik Login.
  • Berhasil masuk ke akun.

Setelah berhasil daftar akun Kartu Prakerja dan Login akun, kemudian masuk ke Dashboard. Selanjutnya ikuti langkah berikutnya :

  • Masukkan alamat email dan password.
  • Klik Login.
  • Setelah masuk, isi data diri anda secara lengkap dan foto KTP serta foto selfie dengan KTP.
  • Klik Berikutnya.
  • Masukkan nomor telepon dank ode OTP yang dikirim lewat SMS.
  • Selanjutnya ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.
  • Tunggu email pemberitahuan setelah menyelesaikan tes.

Setelah selesai tes, pendaftaran anda hampir selesai. Anda tinggal ikut seleksi batch, pilih batch yang anda inginkan disesuaikan dengan domisili. Setelah itu pendaftaran selesai dan tinggal menunggu proses evaluasi pendaftaran. Selanjutnya anda akan menerima notifikasi apakah lolos atau bisa ikut batch yang anda pilih di dashboard akun.

Pendaftar yang dinyatakan lolos akan diberitahu melalui email atau SMS dan slanjutnya akan diberikan kode unik 16 angka. Kode ini adalah sebagai pengganti kartu fisik dan bisa digunakan untuk pembayaran pelatihan.

Cara Mengikuti Pelatihan Dan Pasca Pelatihan

Untuk mengikuti pelatihan, anda dapat mengikuti pelatihan di mitra platform digital resmi prakerja. Seperti Tokopedia, Skill Academy Ruangguru, Maublajarapa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijarmahir dan Sisnaker.

Ada lebih dari 900 pelatihan online, mulai dari tingkat pemula sampai paling mahir. Dan untuk membayar pelatihan tersebut anda bisa menggunakan 16 kode unik dari Kartu Prakerja. Selesaikan pelatihan online anda hingga mendapat sertifikat elektronik. Kemudian beri ulasan dan rating terhadap platihan online anda untuk mendapatkan insentif pasca pelatihan. Lalu isi tiga survey pasca pelatihan untuk memperoleh insentif lagi setiap surveinya.

Dapat Bantuan Total Rp. 3,55 Juta

Peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan bantuan atau tunjangan non tunai senilai Rp. 3.550.000, dan bantuan tersebut terdiri dari :

  • Biaya peelatihan sebeesar Rp. 1.000.000 untuk membayar pelatihan di platform digital mitra.
  • Insentif yang akan ditransfer ke rekening bank atau dompet digital, seprti Ovo atau Gopay.
  • Dan insentif yang didapat yaitu insentif pasca pelatihan pertama sebesar Rp. 600.000 per bulan selama 4 bulan. (Total Rp. 2.400.000).
  • Insentif ke dua yaitu insentif pasca pengisian survey sebesar Rp. 50.000 per survey untuk 3 kali survey. (Total Rp. 150.000).

Perlu anda ketahui, bahwa bantuan Kartu Prakerja akan hangus. Apabila dalam waktu 30 hari kerja sejak ditetapkan sebagai penerima, belum digunakan untuk pelatihan pertama. Setelah anda menyelesaikan pelatihan pertama, anda dapat mengambil pelatihan berikutnya. Dan apabila bantuan dana untuk pelatihan masih tersisa, sisa dana tersebut dapat digunakan untuk membeli modul pelatihan berikutnya.

Pada program Kartu Prakerja, pemerintah membuka pendaftaran dengan kuota 164 ribu peserta setiap minggunya. Dan berlaku hingga minggu ke-4 November 2020. Untuk pendaftaran gelombang I dibuka sampai Kamis, 16 April 2020 pukul 16.00 WIB. Pndaftaran dapat dilakukan setiap hari selama 24 jam. Untuk gelombang I pengumuman peserta yang lolos akan di umumkan Jum’at 17 April 2020.

Sedangkan pelatihan online dimulai Sabtu, 18 April 2020. Dan bagi pendaftar yang belum lolos di gelombang I jangan khawatir. Karena anda bisa bergabung di gelombang berikutnya tanpa perlu proses pendaftaran lagi.

Apabila mengalami kendala saat pendaftaran, jangan menyerah coba terus dan terus. Karena akan ada lebih dari 30 gelombang pendaftaran yang dibuka hingga akhir tahun ini. Atau anda dapat menghubungi layanan masyarakat di nomor 021-25541246 pada jam dan hari kerja. Untuk memperoleh informasi maupun ketika mengalami kendala atau gangguan teknis.

Itulah penjelasan mengenai Pendaftaran Kartu Prakerja. Semoga bermanfaat dan jangan lupa kunjungi terus sadapwa.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

You May Also Like

About the Author: Chrisdiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *